Royal Jelly Bikin Hidup Lebih Lama, Lebih Bergairah!


Royal jelly alias susu lebah ratu diyakini menyimpan rahasia awet muda serta umur panjang. Penelitian membuktikan, lebah ratu bisa hidup 40 kali lebih lama dibanding lebah pekerja karena selalu mengonsumsi jenis madu yang sangat istimewa ini.

Jenis madu ini disebut susu ratu atau royal jelly karena wujudnya yang putih kental seperti susu. Dalam koloni lebah, madu ini merupakan makanan istimewa yang hanya dipersembahkan untuk lebah ratu dan tidak ada lebah pekerja yang boleh memakannya.

Salah satu nutrisi yang terkandung dalam royal jelly adalah royalactin, sejenis protein yang sangat berperan dalam proses pertumbuhan. Itulah sebabnya, lebah ratu bisa tumbuh dengan ukuran 42 persen lebih besar dan 60 persen lebih berat dibanding lebah pekerja.

Bukan itu saja, kandungan royalactin juga membuat lebah ratu mampu bertahan hidup lebih lama. Jika lebah pekerja rata-rata hidup selama 7 pekan saja, lebah ratu bisa mencapai usia 7 tahun atau sekitar 40 kali lebih lama dibanding lebah pekerja.

Semula, para ahli menduga perbedaan usia dan ukuran lebah ratu dengan lebah pekerja terletak pada faktor genetis. Namun sebuah penelitian terbaru di Jepang menunjukkan, royal jelly lebih punya peran dalam membentuk perbedaan kasta dalam sebuah koloni lemah.

Untuk membuktikannya, Dr Masaki Kamakura dari Toyama Prefectural University membandingkan efek royalactin pada lebah ratu dengan lalat buah (Drosophila melanogaster). Lalat buah yang biasanya berukuran kecil, tumbuh lebih besar ketika diberi royal jelly.

“Perbedaan lebah ratu dengan lebah pekerja bukan hanya pada faktor genetis, tapi lebih pada royal jelly. Meski begitu mekanismenya belum diketahui pasti,” ungkap Dr Kamakura dalam laporannya yang dimuat di jurnal Nature, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (25/4/2011).

Pada manusia, manfaat royal jelly sudah dikenal sejak zaman Mesir Kuno. Ratu-ratu pada masa itu menggunakannya untuk mempercantik kulit, sementara dalam proses pemakaman madu ini dipakai sebagai campuran untuk mengawetkan mayat agar menjadi mumi.

Sedangkan pada masa kini, berbagai produk kecantikan juga menggunakan royal jelly karena diyakini bisa menghambat proses penuaan penyebab kulit kusam dan keriput. Ramuan pembangkit libido atau gairah seks juga banyak yang menggunakan royal jelly karena diyakini bisa mendongkrak vitalitas.

Artikel Terbaru : 

Satu Tanggapan

  1. thx infonya..

    visit ya.. >> blog.umy.ac.id/museum/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: